Penyakit Jantung

Ini Nih Jenis-Jenis Penyakit Jantung

Ketika seseorang mengalami sakit kepala pada bagian belakang, mual, nyeri dada, sesak nafas, lesu, cemas, dan banyak mengeluarkan keringat, besar kemungkinan bahwa orang tersebut sedang menderita sakit jantung. Ini adalah masalah serius karena ada banyak orang di luar sana yang terkena penyakit jantung dan kemudian meninggal dunia. Btw, penyakit jantung itu tidak terjadi begitu saja, tentu ada sebab yang mendalanginya, seperti stres, rokok, minuman beralkohol, darah tinggi, dan diabetes. Di samping itu, penyakit ini juga memiliki jenis-jenis yang berbeda seperti disebutkan di bawah ini:

jantungan

Koroner

Tersumbatnya pembuluh darah di bagian jantung akibat adanya lapisan kolesterol atau lemak di dinding jantung membuat aliran darah dari dan ke jantung menjadi tidak normal. Dengan kondisi seperti, seseorang akan mengalami penyakit jantung koroner dengan ciri-ciri nyeri pada dada yang menjalar sampai ke punggung, mual, dan keringat dingin. Tumpukan lemak atau kolesterol yang menghambat aliran darah tersebut disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti merokok dan gangguan kesehatan lainnya seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Btw, angin duduk juga termasuk ke dalam jenis penyakit jantung coroner.

Aritmia

Aritmia adalah penyakit jantung di mana detak jantung tidak normal, bisa terlalu kencang, terlalu lambat, atau berdetak tak beraturan. Dengan kondisi detak jantung yang tidak normal, seseorang bisa saja langsung terkena serangan jantung dan tidak sadarkan diri. Apa yang menyebabkan detak jantung tidak normal? Hal ini disebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah dan kurangnya kalsium di dalam tubuh. Permasalahan ini bisa terjadi karena tekanan darah tinggi dan diabetes serta kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti merokok, terlalu sering minum kopi, mengkonsumsi alkohol, sering stres, malas berolahraga, dan lain sebagainya.

Perikarditis

Terapi penyinaran untuk payudara dan infeksi virus bisa menyebabkan kantung jantung meradang dan menimbulkan penebalan dan penimbunan cairan. Kondisi seperti inilah yang disebut penyakit jantung perikaditis. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah sesak nafas, batuk, cepat lelah, dan tekanan darah tinggi. Untuk mencegah penyakit ini agar tidak semakin parah, diperlukan pengangkatan kantung jantung (pericardium).

Jenis penyakit jantung lainnya adalah health valve disease atau penyakit pada katup jantung. Pada umumnya satu atau lebih katup jantung tidak bekerja seperti biasanya. Hal inilah yang akan membuat rasa nyeri pada dada yang amat sakit. Tidak normalnya katup jantung tersebut disebabkan karena infeksi, usia, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Pada umumnya, penyakit jantung yang satu ini bisa bawaan dari lahir atau muncul seiring berjalannya usia. Bagi yang punya penyakit ini sejak lahir, diharapkan untuk menjaga pola makan dan menerapkan pola hidup sehat. Sedangkan untuk penderita yang disebabkan karena usia dan kebiasaan buruk, diperlukan operasi untuk membuat katup jantung kembali seperti sedia kala.

Bagaimana dengan gagal jantung? Apakah ini juga termasuk penyakit jantung? Jelas sekali jawabannya iya. Gagal jantung disebabkan karena fungsi jantung untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh gagal total. Ketika mengalami hal ini, para penderitanya bisa saja langsung meninggal dunia. Gejala dari gagal jantung itu sendiri adalah rasa lelah yang berlebihan, susah bernafas, pembengkakkan pada kaki dan tangan, berat badan yang terus naik/turun, dan penyumbatan arteri koroner. Dibutuhkan penanganan medis yang cepat apabila ada seseorang yang mengalami gagal jantung karena jika tidak, besar kemungkinan orang tersebut akan segera meninggal dunia.

Kecantikan

Hal-hal Penting dalam Mengatasi Bekas Jerawat

Timbulnya jerawat disebabkan oleh banyak hal, bisa minyak berlebih, infeksi bakteri, keturunan, stres, pori-pori tersumbat, dan lain sebagainya. Jerawat terbagi dalam beberapa jenis, antara lain jerawat biasa, juvenil, batu, vulgaris, dan nitrosica. Mengenal jenis-jenis jerawat memungkinkan Anda untuk meminimalisir masalah tersebut dengan bijak, sebab faktor penyebab, dampak, dan juga penanganan yang dilakukan relatif berbeda-beda. Namun, apapun jenis jerawat yang dialami kerap menimbulkan bekas, terlebih untuk jerawat batu, vulgaris, dan nitrosica. Jerawat batu memiliki tanda merah meradang, sedangkan vulgaris tampak seperti bersisik atau kelainan kulit dan nitrosica awalnya seperti jerawat biasa namun dapat mengakibatkan kulit wajah berlubang.

Bekas Jerawat

Jerawat memang dapat merusak kecantikan, kulit wajah yang semula bersih menjadi hancur dan terlihat kotor ketika ditumbuhi jerawat dan meninggalkan bekas kian membuat paras menjadi kusam. Apakah Anda juga mengalami keluhan bekas jerawat? Jika iya, penting untuk tidak melakukan hal-hal secara sembarang dalam mengatasinya karena justru bisa membuat bekas jerawat sulit hilang. Simak tips menghilangkan bekas jerawat di bawah ini:

Lakukan perawatan terbaik

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi bekas jerawat, mulai dari menggunakan tumbuhan alami, seperti minyak zaitun, lidah buaya, teh hitam, tomat, lemon, timun, putih telur, bengkoang, madu, dan lain sebagainya, dan memakai cream sampai perawatan ke dokter. Dalam hal ini, Anda perlu memilih perawatan yang terbaik, salah satunya dapat disesuaikan dari jenis jerawat yang dialami. Misal, mengalami jerawat batu atau nitrosica, maka sebaiknya melakukan perawatan ke dokter kecantikan atau kulit. Hal ini memungkinkan untuk mendapat hasil yang maksimal. Bekas jerawat yang bejibun relatif sulit dihilangkan bila yang dilakukan hanya dengan masker bahan alami. Sebab memerlukan proses yang lebih lama. Untuk memilih klinik, bila rumah Anda dekat dengan jalan tol Ir. Wiyoto Wiyono Jakarta, maka Anda bisa memilih ke klinik kecantikan Kelapa Gading.

Sekadar tips dalam memilih klinik, jangan melakukannya secara asal-asalan. Tidak sedikit klinik kecantikan yang ternyata abal-abal, melakukan praktik tidak sesuai prosedur. Akibatnya, pasien banyak mengalami dampak buruk yang bahkan mengancam keselamatan mereka. Untuk itu, jangan sembarang pilih klinik jika tidak mau bahaya mengancam Anda. Pastikan klinik mempunyai izin resmi dari pemerintah dan dokter yang menanganinya benar-benar terpercaya agar hasil yang didapat memuaskan.

Hindari faktor pemicunya

Faktor pemicu timbulnya jerawat dan meninggalkan bekas tidak hanya satu, namun terdiri dari beberapa hal salah satunya kebiasaan buruk yakni memencet jerawat. Setelah melakukan perawatan, penting untuk menghindari faktor-faktor pemicu timbulnya jerawat agar wajah tetap bersih. Jika tidak, bukan hanya jerawat yang bermunculan melainkan juga bekasnya akan lebih sulit diminimalisir. Tentunya, perawatan hanya akan sia-sia dan banyak kerugian apabila hal ini terjadi.

Meskipun tinggal bekas jerawat tetap menjengkelkan, kondisi wajah tampak kusam dan tidak segar. Kendatipun telah menggunakan make up untuk menutupinya, namun hal ini bisa menimbulkan kembali jerawat. Oleh karena itu, diperlukan perawatan terbaik untuk mengatasinya dan menghindari hal-hal yang dapat memunculkan jerawat agar tidak menimbulkan bekas.

Kesehatan

Tips Membuat Pencernaan Lancar

pencernaan lancar

Pencernaan merupakan langkah awal untuk membuat tubuh menjadi sehat. Mengapa? Karena pencernaan menjadi pintu masuk makanan ke dalam tubuh. Jika sistem pencernaan tidak dapat berfungsi dengan baik, tentunya membuat tubuh menjadi lemas dan tidak semangat karena makanan yang masuk tidak dapat diproduksi dengan baik. Oleh karena itu, setiap orang selalu menjaga sistem pencernaannya dengan baik agar membuat dirinya menjadi lebih kuat. Namun, tidak semua orang dapat menjaga sistem pencernaan dengan baik. Hal ini dikarenakan banyak orang yang memiliki masalah dengan sistem pencernaannya.

Yang mengalami masalah sistem pencernaan ini tidak hanya terjadi pada orang tua saja, tapi juga anak-anak dan para remaja. Masalah pencernaan dapat terjadi salah satu faktornya disebabkan oleh pola makanan yang tidak sehat, seperti mengkonsumi makanan keras dan berminyak. Perlu Anda ketahui bahwa makanan yang sehat itu merupakan makanan yang memiliki gizi tinggi dan juga mudah untuk dicernak. Tentunya Anda berpikir bagaimana membuat pencernaan lancar. Nah, untuk Anda yang memiliki masalah dengan pencernaan dan ingin membuat pencernaan lancar, maka berikut ini ada beberapa tipsnya:

Minum air putih

Yang dapat menyebakan pencernaan bermasalah ada banyak. Salah satunya karena kurang cairan atau kurang mengkonsumsi air putih. Untuk itu, tips pertama untuk membuat pencernaan Anda dapat berjalan dengan baik dan sehat, maka Anda harus minum air putih.  Minum air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat untuk kesehatan adalah untuk membuat pencernaan lancar. Oleh karena itu, setidaknya dalam 1 hari Anda harus banyak minum air putih. Adapun air putih yang harus diminum perhari sebanyak 8 gelas. Dengan Anda minum air putih setiap hari, tentunya akan membuat pencernaan lebih baik karena bisa membersihkan kotoran yang ada di dalam usus setiap harinya. Kurang air putih juga tidak bagus untuk tubuh karena tubuh akan mengalami dehidrasi.

Konsumsi sayur dan buah

Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, maka bisa membuat pencernaan bermasalah. Untuk itu, Anda harus rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Adapun makanan yang harus Anda konsumsi seperti sayur dan buah. Mengkonsumsi banyak sayur dan buah merupakan cara untuk membuat pencernaan Anda lancar. Adapun sayuran yang sehat, baik dan mengandung serat itu seperti kol, wortel, dan bayam. Selain sayuran, buah-buahan juga menjadi pilihan yang tepat untuk membuat pencernaan lancar. Banyak buah-buahan yang cocok untuk membuat pencernaan menjadi lancar, pepaya, pisang, dan alpukat bisa jadi pilihan sebagai buah-buahan yang sehat untuk pencernaan. Hindari untuk tidak mengkonsumsi sayur karena tidak mengkonsumsi sayur dapat menjadi penyebab masalah pencernaan.

Makan secara berlahan-lahan

Makan tentunya harus memiliki aturan agar apa yang dikonsumsi dapat dicernak dengan baik. Jika Anda memutuskan untuk makan secara cepat-cepat, tentunya makanan tidak dapat dicernak dengan baik oleh usus. Selain itu juga,dengan cara makan terburu-buru membuat makanan tidak halus sehingga bisa menyebabkan usus buntu. Oleh karena itu, untuk membuat pencernaan Anda dapat berfungis dengan baik, maka Anda harus makan secara berlahan-lahan. Makan berlahan akan lebih nikmat dan juga membuat makanan menjadi halus sehingga pencernaan akan lebih mudah untuk mengelola makanan untuk bisa diterima oleh lambung dan usus.

Nah, itulah beberapa tips untuk membuat pencernaan Anda menjadi sehat. Semoga saja tips ini bermanfaat buat Anda semua untuk menjaga pencernaan.

 

Mikrodermabrasi

Wajib Ketahui Ini sebelum Perawatan Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan salah satu perawatan kecantikan wajah yang hingga saat ini semakin diminati oleh sebagian besar kaum hawa. Dalam tekniknya, perawatan ini menggunakan kristal halus, tujuannya ialah untuk mengurangi sel-sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit baru sehingga wajah terlihat lebih mulus dan bersih. Yang tadinya kusam menjadi cerah alami, meski tanpa make up wajah terlihat segar dan bersinar. Harga mikrodermabrasi yang cukup merogoh receh namun memberikan hasil yang maksimal dan memuaskan terkadang bukan menjadi alasan. Faktanya, hingga kini perawatan tersebut kian populer dan menjadi salah satu pilihan terbaik bagi para wanita.

Mikrodermabrasi

Apakah Anda juga tertarik untuk melakukan perawatan ini? Jika iya, ada banyak hal yang wajib diketahui terlebih dahulu supaya dapat melakukannya dengan nyaman.

Kecocokan dengan jenis kulit

Bagi setiap wanita yang ingin melakukan terapi mikrodermabrasi tidak perlu khawatir mengenai jenis kulit dirinya, apakah bakal cocok dengan perawatan atau justru tidak. Perawatan mikrodermabrasi cocok untuk semua jenis kulit. Demikian karena tujuan dariapada terapi ini adalah untuk membuang sel-sel kulit yang sudah mati lalu meremajakan dengan sel kulit segar. Terlebih lagi untuk jenis kulit kering, biasanya terdapat banyak tumpukan sel kulit mati sehingga terlihat kusam. Dengan mikrodermabrasi, noda-noda di wajah dapat diminimalisir. Berbeda halnya dengan perawatan lain yang dikenal harus cocok dengan jenis kulit tertentu supaya bisa berhasil. Namun untuk mikrodermabrasi tidak menjadi masalah, inilah satu kemudahan melakukan perawatan tersebut.

Efek samping

Semua jenis perawatan yang menggunakan teknologi modern tentu memberikan efek samping, bisa ringan bahkan bisa juga parah. Namun, untuk mikrodermabrasi efek samping yang didapat hanya sedikit terasa perih umumnya tiga hari setelah perawatan. Hal ini terjadi karena adanya pengelupasan kulit sehingga bila terkena panas matahari menjadi sensitif. Bila ingin keluar rumah ada baiknya menggunakan sunscreen untuk menyiasatinya. Efek samping dari mikrodermabrasi memang ada, namun tidak perlu khawatir sebab tidak membahayakan kulit. Tak mengherankan kalau banyak orang menyukai perawatan ini karena efek sampingnya ringan.

Sebelum dan sesudah perawatan

Sebelum melakukan terapi mikrodermabrasi, ada hal yang mesti dipersiapkan yakni menghindari penggunakan alat kecantikan wajah (yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari) baik itu cream, bedak padat, masker, serum, scrub, foundation, dan lain sebagainya. Gunanya adalah untuk menghindari dari masalah lebih sensitifnya kulit ketika perawatan dilakukan. Selain itu juga, wajib menghindari mikrodermabrasi apabila telah melakukan peeling. Kegiatan ini dapat membuat kulit lebih tipis yang justru bisa merusak sel-sel kulit karena dilakukan secara berlebihan. Sementara sesudah perawatan, Anda tidak perlu lagi menggunakan scrubbing wajah karena mikrodermabrasi sudah cukup membuat sel kulit mati terangkat. Seperti yang terdapat pada uraian di atas bahwa usai perawatan, sebaiknya berdiam diri di rumah untuk melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet. Jika tidak, wajah akan timbul kemerah-merahan karena pengaruh panas.

Perawatan mikrodermabrasi memang sangat tepat untuk dipilih sebagai solusi keluar dari masalah kecantikan (wajah). Meskipun tarif per satu sesi perawatan mencapai ratusan ribu rupiah, namun cukup aman dan menjanjikan. By the way, untuk hasil terbaik pastikan memilih klinik yang tepat. Anda dapat mencari tahu lebih banyak klinik kecantikan terpercaya seperti yang dilansir dari http://www.sayacantik.com/klinik/klinik-kecantikan/. Yuk, rawat kulit cantik mulai dari sekarang.

Penyakit Jantung

FAQ tentang Penyakit Jantung

Penyakit JantungPenyakit jantung merupakan sebuah kondisi di mana jantung tidak bisa menjalankan fungsinya yakni memompa darah ke seluruh bagian tubuh dan menampungnya kembali pasca dibersihkan oleh paru-paru dengan maksimal. Faktanya, penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di seluruh dunia. Oleh karenanya, penyakit jantung harus diwaspadai karena setiap orang bisa terkena penyakit jantung tak terkecuali bayi sekalipun. Mari bahas lebih detail tentang penyakit jantung melalui beberapa FAQ berikut:

Apa penyebabnya?

Sejatinya, penyakit jantung merupakan istilah umum untuk menggambarkan berbagai penyakit pada jantung. Berikut beberapa penyebab untuk masing-masing penyakit pada jantung:

  • Penyakit jantung koroner, di mana pembuluh darah menyempit sehingga aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Pemicunya adalah timbunan plak. Plak ini bisa berasal dari makanan berkolesterol tinggi (junk food, kuning telur, telur ikan, jeroan, mentega, daging olahan, keju, dsb), rokok, dll. Timbunan plak sejatinya tidak terjadi dalam semalam. Kalau sedari muda enggan meninggalkan pola makan yang buruk serta malas olahraga & stres berkepanjangan, plak akan semakin besar di usia senja. Inilah yang menjadikan usia senja sebagai salah satu faktor peningkat resiko penyakit jantung koroner.
  • Aritmia jantung, di mana jantung berdetak abnormal (terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur). Normalnya, jantung berdetak 60 sampai 100 kali setiap menitnya (terkecuali untuk atlit bugar bisa di bawah dari 60 kali per menit. Penyebab dari penyakit ini antara lain kurangnya kalsium dan penyumbatan pembuluh darah jantung.
  • Gagal jantung, di mana kondisi otot jantung sangat lemah sehingga kesulitan untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Penyebabnya adalah berat badan berlebih, tekanan darah tinggi, alkohol, obat-obatan, dan lain sebagainya.

Secara umum, penyebab penyakit jantung adalah karena adanya riwayat keluarga penyakit jantung, tidak bisa meninggalkan rokok & alkohol, terlalu sering konsumsi makanan siap saji, malas olahraga, terlalu berlebihan minum kafein, tidak bisa kontrol berat badan, terlalu sering begadang, dan masih banyak lagi.

Bagaimana gejalanya?  

Berikut gejala-gejala seseorang mengidap penyakit pada jantung:

  • Sesak nafas. Hanya berjalan sejenak atau melakukan aktivitas yang sedikit berat, tapi sulit untuk menarik nafas, sebaiknya waspada karena ini gejala penyakit jantung.
  • Pembengkakan pada mata kaki atau tungkai kaki. Pembengkakan pada mata kaki atau tungkai kaki jangan diabaikan.
  • Keluar keringat. Keringat keluar ketika berolahraga menjadi hal yang bakal karena itu salah satu tanda terjadinya pembakaran lemak. Namun, kalau keringat keluar saat tidak olahraga atau tidak melakukan aktivitas yang berat, ini gejala penyakit jantung.

Bagaimana pengobatannya?     

Dalam dunia medis, ada beberapa pengobatan untuk penyakit jantung di antaranya:

  • Stent jantung. Untuk pembuluh ateri yang menyempit akibat penyumbatan plak, langkah medis yang bisa dilakukan adalah dengan pemasangan stent jantung. Stent jantung adalah metode pemasangan cincin yang terbuat dari baja anti karat dengan memanfaatkan balon & kateter. Cincin ini bakal menempel pada dinding pembuluh arteri. Pemasangan stent ini memakan waktu 20 sampai 30 menit.
  • Implantasi Defibrilator Cardioverter Otomatis. Pemasangan DCO (stimulator detak jantung) diharapkan dapat membuat detak jantung kembali normal. Jika mengalami aritmia serius, bisa melakukan cara ini. Jika tidak ada komplikasi, bisa keluar RS antara 1 sampai 3 hari.
  • Transplantasi jantung. Ketika otot jantung sudah sangat lemah sehingga dapat mengancam keselamatan, maka seseorang bisa mengambil tindakan medis yakni transplantasi jantung. Transplantasi jantung adalah operasi dengan mengangkat jantung yang tidak bekerja optimal kemudian akan diganti dengan jantung donor yang sesuai. Transplantasi jantung tidak boleh dilakukan lebih dari 6 jam.
Kesehatan Jantung

Ingin Pasang Ring Jantung? Ketahui Dulu 3 Hal Ini

Pasang Ring Jantung

Pemasangan ring jantung merupakan salah satu perawatan medis yang dapat membantu memperlancar aliran darah pada pembuluh darah jantung yang tersumbat akibat plak. Plak biasanya diakibatkan oleh gaya hidup buruk misalnya terlalu sering mengkonsumsi makanan instant atau fast food, suka minum minuman beralkohol, merokok, dan lain sebagainya. Melalui pemasangan ring jantung, pembuluh darah mendapat ruang bebas dari plak sehingga aliran darah bisa lancar. Pembuluh darah yang mengalami penyempitan ini disebut penyakit jantung koroner yang mana gejalanya ditandai dengan sesak nafas dan nyeri pada bagian dada, ulu hati, dan menjalar ke leher serta punggung. Mengambil langkah cepat dalam mengobati penyakit jantung salah satunya pasang ring jantung memang menjadi suatu hal yang sebaiknya dilakukan sebelum terlambat. Akan tetapi, jika Anda atau anggota keluarga akan melakukan hal ini, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu informasi seputar pasang ring jantung berikut ini:

Biaya relatif mahal

Biaya pasang ring jantung memang tidak semahal operasi jantung yang mencapai ratusan juta rupiah. Biayanya berkisar di angka 50 juta rupiah atau bahkan lebih sesuai dengan kebijakan rumah sakit. Namun demikian, banyak orang menghabiskan uang secara tidak terduga dari pemasangan ring sebab biaya bisa saja membludak karena tidak hanya pemasangan ring tetapi juga biaya untuk rawat inap, obat, dan lain-lain perlu dipenuhi dengan baik. Bahkan, biaya bisa menjadi dua kali lipat jika pemasangan ring harus dilakukan lebih dari satu kali karena kondisi pembuluh darah jantung ternyata kembali tersumbat akibat plak. Tentu saja, menyiapkan biaya semaksimal mungkin termasuk dana darurat menjadi suatu upaya yang harus dilakukan.

Konsekuensi penyumbatan masih bisa terjadi

Setiap penyakit yang diobati kemungkinan besar tetap akan meninggalkan bekas, termasuk pemasangan ring jantung yang mana konsekuensi penyumbatan masih bisa terjadi. Terlebih lagi bila pasien tidak menghindari hal-hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan pasca pemasangan ring. Misalnya mengkonsumsi makanan yang mengandung kolestrol tinggi, seperti hati jeroan, udang, kerang, daging olahan, makanan ringan, kuning telur, keju, dan mentega. Jika masih sering melanggar pantangan tersebut, bukan tidak mungkin penyumbatan pada pembuluh darah jantung akan kembali terjadi. Penyumbatan memang tidak terjadi secara langsung, akan tetapi sedikit demi sedikit akan membuat plak menjadi banyak sehingga dalam waktu yang relatif lama konsekuensi penyumbatan akan terjadi. Oleh karenanya penting dalam memilih dokter yang berpengalaman dan rumah sakit yang reputasinya bagus agar dapat ditangani dengan baik. Selain itu, juga harus menghindari hal-hal yang dapat memicu penyumbatan penyakit jantung koroner yakni gaya hidup buruk.

Perawatan setelah pemasangan harus maksimal

Pemasangan ring jantung pada dasarnya memang belum menjamin pembuluh darah dapat berfungsi normal seperti semula. Untuk mendapat kesehatan yang maksimal setelah pemasangan ring jantung harus memperhatikan dengan betul hal-hal yang harus dilakukan dan juga mesti dihindari. Contoh hal yang harus dilakukan adalah mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, melakukan olahraga secara teratur, mengkonsumsi obat resep dokter untuk membantu mempercepat penyembuhan, dan mengecek kolesterol supaya dapat terkontrol. Sementara hal-hal yang mesti dihindari yaitu merokok atau terkena asap rokok, mengkonsumsi makanan cepat saji, dan minuman keras. Perawatan tersebut sangat penting untuk dilakukan agar kesehatan jantung bisa tetap terjaga dengan baik.

Pemasangan ring memang menjadi jalan keluar untuk penderita jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang lumrah menyerang sebagian besar orang, tidak mengenal usia atau gender. Namun jika penyakit jantung sudah mencapai stadium lanjut, bukan tidak mungkin akan mengalami gagal jantung di mana jantung sudah tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan penderitanya bisa meninggal dunia.